Sabtu, 15 Januari 2011

Menyisir wilayah kelola masyarakat adat di Kaki Bukit Merangin, Sintang

oleh : shaban Stiawan

awal tahun 2011 saya menyisir wilayah kelola masyarakat adat dayak seberuang (iban group) di Desa Sungai Segak Kecamatan Sepauk. wilayah ini merupakan konsesinya HPH (PT Kayu Lapis Indonesia. penduduk berjumlah 120 kk dan kegiatan masyarakat bertani, berkebun karet dan berburu. sebagai wilayah desa tersebut masuk dalam kawasan hutan lindung. dari beberapa dusun masih ditemukan masyarakat menganut paham kepercayaan kepada betara (Tuhan) kurang lebih 10 KK, kelompok ini bertempat tinggal di bawah kaki bukit merangin yang hutan relatif baik dan sumber utama sungai sepauk.

Untuk menuju wilayah tersebut dari kota pontianak kurang lebih 362 KM bisa mengunakan kendaraan umum dan bermotor. adapun jalur yang ditempuh pontianak - Sekadau atau pontianak- sintang dengan jenis kendaraan bis dan taksi. setelah itu dilanjutkan mengunakan ojek sepeda motor kurang lebih 4 jam dengan biaya 250 ribu sekadau -Sui Segak atau Sepauk-sui segak.

Untuk lebih lengkap informasi dan cerita silakan berkunjung kewilayah tersebut


Adapun potensi alam yang ada seperti air terjun pampak dan air terjun sungi gurung, hutan, ikan, rotan, kebun karet. untuk tempat wisata sejarah adalah patung gusar, bukit pesok dan bukit muncak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar